Minggu, 23 Oktober 2011

ROBERT OWEN ( BAPAK KOPERASI DUNIA)

Nama               : ROBERT OWEN
Lahir                : Newtown,Montgomeryshire14 Mei 1771
Meninggal        : 17 November 1858(87 tahun)
Pekerjaan         : Coperator,social reformer
Istri                  : Caroline Dale
Anak               : Robert Dale,William,Anne Caroline,Jane Dale, David dale , Richard Dale, Mary
Robert Owen (lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, Wales, 14 Mei 1771 – meninggal 17 November 1858 pada umur 87 tahun) adalah pemikir utama sosialisme utopis, dia adalah seorang pelaku bisnis sukses yang menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi peningkatan hidup karyawannya. Dia dianggap sebagai "Bapak" gerakan koperasi.
Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New Lanark, Skotlandia dan memperkenalkan waktu kerja lebih pendek, membangun sekolah untuk anak-anak dan merenovasi rumah-rumah tempat tinggal pegawainya.
Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yg disebut New Harmony (Keselarasan Baru) di Indiana, AS.
Kontribusi utama Owen ke pikiran kaum sosialis adalah pandangan yang dimana perilaku sosial manusia tidaklah tetap atau absolut, dan manusia itu mempunyai kemauan bebas untuk mengorganisir diri mereka ke dalam segala bentuk masyarakat yg mereka inginkan.
Sejarah

Robert Owen, putra seorang pandai besi dari sadel dan Newtown di Wales, lahir pada 14 Mei 1771. Robert adalah anak cerdas yang melakukan sangat baik di sekolah setempat, namun pada usia sepuluh, ayahnya mengirim dia untuk bekerja di sebuah drapers besar di Stamford, Lincolnshire.

Setelah menghabiskan tiga tahun di Stamford, Robert pindah ke drapers di London. Proyek ini berlangsung sampai 1787 dan sekarang berusia enam belas, Robert menemukan bekerja di sebuah bisnis gorden besar grosir dan eceran di Manchester.

Ia sementara Owen bekerja di Manchester bahwa ia mendengar tentang keberhasilan Richard Arkwright mengalami dengan pabrik tekstil di Cromford. Richard cepat untuk melihat potensi ini cara pembuatan kain dan meskipun dia hanya sembilan belas tahun, meminjam £ 100 dan mendirikan sebuah bisnis sebagai produsen keledai berputar dengan John Jones, seorang insinyur. Pada tahun 1792 kemitraan dengan Jones berakhir dan Owen menemukan pekerjaan sebagai manajer pabrik besar Petrus Drinkwater berputar di Manchester.

Sebagai manajer pabrik Drinkwater, Owen bertemu dengan banyak pengusaha yang terlibat dalam industri tekstil. Ini termasuk David Dale, pemilik Perusahaan twist Chorton di New Lanark, Skotlandia, kapas-berputar bisnis terbesar di Inggris. Kedua orang menjadi teman dekat dan pada tahun 1799 menikah dengan putri Robert Dale, Caroline.

Dengan dukungan finansial dari beberapa pengusaha dari Manchester, Owen membeli empat Dale pabrik tekstil di Lanark Baru seharga £ 60.000. Di bawah kendali Owen, Perusahaan twist Chorton berkembang pesat. Namun, Robert Owen tidak hanya peduli dengan membuat uang, dia juga tertarik dalam menciptakan jenis baru komunitas di New Lanark. Owen percaya bahwa karakter seseorang dibentuk oleh efek lingkungan mereka. Owen yakin bahwa jika ia menciptakan lingkungan yang tepat, ia bisa menghasilkan orang-orang rasional, baik dan manusiawi. Owen berpendapat bahwa orang-orang alami baik tapi mereka rusak dengan cara mereka diperlakukan kasar. Misalnya, Owen lawan kuat hukuman fisik di sekolah-sekolah dan pabrik-pabrik dan segera dilarang penggunaannya dalam Lanark Baru.

David Dale awalnya dibangun sejumlah besar rumah dekat dengan pabrik di Lanark Baru. Pada saat Owen tiba, lebih dari 2.000 orang tinggal di desa Lanark Baru. Salah satu keputusan pertama mengambil ketika ia menjadi pemilik New Lanark adalah memerintahkan pembangunan sekolah. Owen yakin bahwa pendidikan adalah sangat penting dalam mengembangkan tipe orang yang ia inginkan.

Ketika Owen tiba di anak Lanark Baru dari semuda lima bekerja untuk tiga belas jam sehari di pabrik tekstil. Dia berhenti mempekerjakan anak di bawah sepuluh dan mengurangi tenaga kerja mereka sampai sepuluh jam sehari. Anak-anak muda pergi ke sekolah pembibitan dan bayi bahwa Owen telah dibangun. Anak yang lebih tua bekerja di pabrik, tetapi juga harus menghadiri sekolah menengah untuk bagian dari hari.

Mitra Owen khawatir bahwa reformasi tersebut akan mengurangi keuntungan. Tidak dapat meyakinkan mereka tentang kebijaksanaan reformasi ini, Owen memutuskan untuk meminjam uang dari Archibald Campbell, seorang bankir lokal, dalam rangka untuk membeli saham mereka dari bisnis. Kemudian, Owen menjual saham dalam bisnis untuk pria yang setuju dengan cara dia berlari pabriknya




New Lanark Cotton Mills



Robert Owen berharap bahwa cara ia memperlakukan anak-anak di Lanark Baru-nya akan mendorong pemilik pabrik lain untuk mengikuti teladannya. Oleh karena itu penting baginya untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatannya.
Buku-buku yang ditulis oleh Robert Owen
1.      The Pembentukan Karakter (1813) dan
2.       A Lihat Baru Masyarakat (1814). Pada 1815,

Robert Owen dikirim proposal yang rinci kepada DPR tentang ide-idenya tentang reformasi pabrik. Hal ini mengakibatkan muncul sebelum Robert Owen Kupas dan House nya komite Commons pada bulan April, 1816.

Perjalanan

Robert Owen berkeliling negara berpidato pada percobaan di Lanark Baru. Dia juga menerbitkan pidato sebagai pamflet dan dikirim salinan gratis kepada orang-orang berpengaruh di Inggris. Dalam satu dua bulan dia menghabiskan £ 4.000 mempublikasikan kegiatannya. Dalam pidato-pidatonya, Owen berpendapat bahwa ia menciptakan "dunia moral baru, dunia dari mana kepahitan memecah-belah agama yang sektarian akan dibuang". Kritik-Nya dari Gereja Inggris marah banyak orang, termasuk reformis seperti William Wilberforce dan William Cobbett.

Kecewa dengan respon yang ia terima di Inggris, Owen memutuskan pada 1825 untuk mendirikan sebuah komunitas baru di Amerika berdasarkan ide-ide sosialis yang dia telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Owen dibeli area dari Indiana seharga £ 30.000 dan disebut masyarakat ia mendirikan di sana, New Harmony. Salah satu putra Owen, Robert Dale Owen menjadi pemimpin komunitas baru di Amerika.

Dengan 1827 Owen kehilangan minat di New Lanark pabrik tekstil nya dan memutuskan untuk menjual bisnis. Empat putra dan salah satu putrinya, Jane, pindah ke New Harmony dan membuat rumah permanen mereka tetapi Owen memutuskan untuk tinggal di Inggris di mana dia menghabiskan sisa hidupnya untuk membantu kelompok-kelompok reformasi yang berbeda. Ini termasuk organisasi yang mendukung reformasi berusaha untuk mendapatkan pabrik, hak pilih dewasa dan pengembangan serikat perdagangan yang sukses. Ia mengungkapkan pandangannya dalam jurnal nya, Krisis Moral dan Dunia Baru.

Owen juga memainkan peran penting dalam membangun Grand Nasional Konsolidasi Serikat Buruh pada tahun 1834 dan Asosiasi Semua Kelas dan Semua Bangsa pada tahun 1835. Owen juga berusaha untuk membentuk sebuah komunitas baru di Timur Tytherly di Hampshire. Namun, seperti New Harmony di Amerika, percobaan ini berakhir setelah perselisihan antara anggota masyarakat. Meskipun kecewa dengan kegagalan ini komunitas dan sebagian besar kampanye politik, Robert Owen terus bekerja untuk "tatanan moral baru" sampai kematiannya pada 17 November 1858

Usaha Robert Owen

Robert Owen adalah orang yang menentang praktek-praktek memperkerjakan
anak-anak usia 5 atau 6 tahun dan standar kerja 13 jam per hari. Tersentuh
dengan kondisi kerja yang amat menyedihkan itu, beliau mengajukan adanya
perbaikan temadap kondisi kerja ini.
Pada tahun-tahun awal revolusi industri, ketika para pekerja dianggap
instrumen yang tidak berdaya, Owen melihat rneningkatkan kondisi kerja di
pabrik, rnenaikkan usia minimum kerja bagi anak-anak, mengurangi jam kerja
karyawan, menyediakan makanan bagi karyawan pabrik, mendirikan toko-toko
untuk menjual keperluan hidup karyawan dengan harga yang layak, dan
berusaha memperbaiki lingkungan hidup tempat karyawan tinggal, dengan
membangun rumah-rumah dan membuat jalan, sehingga lingkungan hidup dan
pabrik rnenjadi menarik. Sebab itu, beliau disebut "Bapak Personal
Manajemen Modem". Selain itu, Owen lebih banyak memperhatikan pekerja,
karena menurutnya, investasi yang penting bagi manajer adalah sumber daya
manusia. Selain mengenai perbaikan kondisi kerja, beliau juga rnembuat
prosedur untuk meningkatkan produktivitas, seperti prosedur penilaian kerja
dan bersaing juga secara terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar