Selasa, 15 November 2011


DEMAM EMAS di INDIA



Demam emas di India mempengaruhi pasar emas dunia. Menariknya, ini adalah kombinasi religiusitas, kearifan local dan aktivitas lindung nilai (hedging).
Sejak  beberapa tahun terakhir ini warga India tengah dilanda demam emas. Hal ini  ditunjukkan dengan  membludaknya permintaan masyarakat akan emas ditoko-toko emas di India, baik dalam bentuk perhiasan,koin maupun batangan.

Demam emas ini meluas di India khususnya setelah World Gold Council mengusung pendekatan social dan keagamaan dalam mendorong tren emas kepada masyarakat India melalui perayaan keagamaan Akshaya Tritiya atau Festival Emas dalam agama Hindu. Festival ini sendiri dilangsungkan sebagai bentuk pemuliaan terhadap para dewa dimana kemuliaan disombolkan denagn emas. Sehingga mereka yang mengenakan eamas pada perayaan tersebut menunjukkan pemuliaan mereka teerhadap dewa.
16 Ribu Ton Emas
Boleh jadi terdapat kaitan peningkatan harga emas dunia yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir sehubungan dengan demam emas di India. Mengingat India meerupakan Negara dengan populasi mah mulai kembali mempergunakan emas dan itu sudah cukup untuk mendongkrak harga emas dunia.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat sekitar 16.000 ton emas yang dimiliki rumah tangga di India di mana sebagian besarnya dalam bentuk perhiasan. Dengan jumlah emas sebanyak itu, diperkirakan India memiliki pasar emas senilai 27,3 Triliun Rupee atau setara 591 Miliar Dolar AS. Nilai ini hampir dua kali lipat cadangan devisa di Royal bank of India (RBI) yang merupakan bank sentral di sana. Jika India berutang, masyarakatnya sendiri boleh jadi masih sanggup melunasi utang negaranya.
SUMBER : SHARING inspirator ekonomi & bisnis syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar