Minggu, 01 Januari 2012


INSPIRASI :
JIMI HENDRIX
Gitaris Sepanjang Jaman



          Ada yang bilang, seorang legenda lahir bukan Cuma butuh kelebihan, tapi perlu waktu yang tepat. Jimi Hendrix menjadi salah satu gitaris yang hadir di saat yang tepat. Dia hadir dengan karakter dan performance yang beda, gaya nyanyi dan juga raungan gitar yang khas.
Lahir di Seattle, 27 November 1942, dengan nama Johny Allen Hendrix, yang akhirnya dig anti oleh ayahnya menjadi James Marshall Hendrix. Karirnya dimulai di Amerika, setelah gagl dalam wajib militer bersama United States Army, bersama Little Richard Jimi Hendrix ngebenttuk Jimmi James and The Blue Flames di tahun 1965. Dalam suatu jam session, ia bertemu dengan Chas Candler (bassis band animal), yang akhirnya mengajak Hendrix untukkembali ke London. Dengan formasi Hendrix (gitar), Mitch Mitchel (drum) dan Noel Redding 9bass), terbentuk lah Jimmi Hendrix Experience, single pertamanya Hey joe berhasil menembus Top Chart di UK dan menjadi perbincangan di London. 
Sementara Chas lebih senang menjadi manager Jimmi Hendrix Experience.
Agustus 1969 bernama Gypsy Sun & Rainbows mereka hadir di event m usik terbesar di Amerika Woodstock. Namanya semakin berki bar menjadi gitaris nomor satu dunia. Permainan gitarnya makin atraktif, mulai dari memainkan gitar dengan gigi. Kaki, membakar gitar. Feedback, distorsi sampe ngehancurin gitarnya sendiri, menjadi tontonan yang menarik.
Hingga sekarang Jimmi Hendrix mash menjadi influence bagi gitaris-gitaris dunia, seperti Eric Clapton, Slash, Joe Satriani, Steve Vai, Ritchie Blackmore dan masih banyak lagi.
 Dan lagu seperti Little Wing, Foxy Lady, Voodoo Child menjadi lagu wajib para gitaris untuk Ngejam Session di berbagi acara.
Para 18 September 1970, ia ditemukan tewas dengan ditemani obat-obatan di sampingnya. Polisi mengatakan, ia tewas karena overdosis. Terakhir ia tampil di Ronnie Scott”s Club, London bersama band Amerika yang beernama War. Sampai akhir hidupnya Jimmi Hendrix telah membuat sekitar 54 album rekaman.

TIPS UN TUK PARA GITARIS, ala RIDHO HAFIEDZ (GITARIS SLANK):
1.) Latihan yang banyak dengan kualitas yan  baik . jangan sampe loe latihan berjam-jam tapi ga ada hasilnya
2.) Jangan berpikir untuk bisa memainkan semua jenis music, maksud gue lebih focus dengan music yang loe suka
3.) Yang pasti, lo kkudu punya gitar sendiri. Jadikan gitar lo senjata yang ampuh
4.) Bikin pola latihan yang teratur. Dengan pola latihan yang teratur lo bisa tahu kemampuan lo dari hari ke hari
5.) Influence menurut gue sangat perlu, tapi jangan jadi imitator (tukang tiru)
6.) Pelajari banyak Licks dan Riffs buat menunjang lo untuk berimprovisasi
7.) Bikin lagi sebanyak-banyaknya . karena dengan banyak mencipta lagu, kepekaan lo bisa lebih terlatih
8.) Sebelum lo latihan, jangan lupa berdoa kepada Tuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar